Ridwan Kamil Janjikan Pinjaman Tanpa Agunan untuk Korban PHK di Jakarta
Cerdas MemilihNewsHot

Bakal calon Gubernur Jakarta, Ridwan Kamil alias RK. Foto M Julnis Firmansyah

Jakarta, tvrijakartanews - Bakal calon Gubernur Jakarta, Ridwan Kamil alias RK menyebut pihaknya memiliki program memberikan pinjaman uang tanpa agunan kepada masyarakat yang mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK). Pinjaman itu diharapkan bisa menjadi solusi bagi masyarakat yang kehilangan pekerjaan.

Namun, ia menyebut program itu nantinya akan memilki sejumlah aturan yang ketat.

"Kami bakal ada program pinjaman buat mereka yang kena PHK, tidak punya agunan asal (ada penjamin) berlima (orang)," ujar RK di Condet, Jakarta Timur, Rabu (18/9/2024).

Selain memberikan pinjaman tanpa agunan, RK juga menjanjikan program kredit tanpa bunga dan agunan. Program itu bernama Kredit Mesra dan diperuntukan untuk masyarakat kelas bawah.

Ridwan mengatakan pihaknya juga bakal memfokuskan diri dalam pengembangan ekonomi kreatif, jasa internasional, dan juga wisata internasional usai statusnya tidak lagi menjadi ibu kita.

"Nah, kombinasi dengan di-support seperti itu dan jangka panjangnya fokus pada ekonomi baru, mudah-mudahan pengangguran bisa terserap sehingga mengurangi isu-isu lapangan pekerjaan yang mungkin bermasalah," kata RK.

Berikan Rp200 Juta Per RW

Dalam kesempatan itu, RK memaparkan pihaknya juga akan memberikan kucuran dana sebesar Rp200 juta per RT/RW di Jakarta. Uang itu nantinya dapat digunakan masyarakat untuk mengadakan acara atau membeli kebutuhan untuk lingkungannya.

RK menyebut pihaknya juga sudah memilki skema kontrol agar tidak ada penyalahgunaan dana tersebut.

"Itu (mekanisme kontrolnya) sangat teknis, ya, kalau boleh tidak sekarang, karena ada 70-an program. Kalau dibedah teknis, sampai subuh tidak akan selesai. Tapi intinya di zaman kami RW diberdayakan, warga boleh mendesain sendiri masa depannya, tidak semua harus campur tangan, gubernur gimana RW-nya aja," kata RK.